Gerakan Mahasiswa Anti Napza Universitas Muhammadiyah Semarang

Sponsor

AD SPONSOR 150PX

Selasa, 16 Juni 2020

"Prepare Alfa Generation Or Millenials To Be The Real Agent Of Change"- FORNAS MAPAN 2020



Bimillahirrahmannirrahim,
Assalamuaalikum Warahmatullahi Wabarakatuh,




Semangat Pagi !        
Salam Hangat Pembaca Website :)
Salam Pemuda Anti Narkoba !

Alhamdulillahirrabilalamin...
Gema-unimus.blogspot.co.id- UKM GEMA UNIMUS telah mengikuti salah satu agenda dari FONAS MAPAN (Forum Nasional Mahasiswa Anti Penyalahgunaan Narkoba) yang dilaksanakan pada 4 – 8 Maret 2020, dengan tema”Prepare Alfa Generation Or Millenials To Be The Real Agent Of Change”, dilaksanakan dengan tujuan menjalin silaturahmi antar mahasiswa/i yang tergabung dalam satgas dan organisasi anti penyalahgunaan narkoba seluruh Indonesia serta merumuskan program tahunan satgas anti penyalah gunaan seluruh Indonesia.



Untuk lebih jelasnya, yuk ikuti jurnal perjalanan kami ^^


4 Maret 2020 –Hotel Taman Eden – 2 ,Yogyakarta
 
Kami UKM GEMA UNIMUS meniatkan diri sekaligus mempersiapkan diri untuk perjalaan ke Yogyakarta tepatnya di Hotel Taman Eden -2 dengan kendaraan beroda dua kami melaju. Sesampainya kami beristirahat sembari mengumpulkan tenaga guna mengikuti rangkaian kegiatan dalam agenda FORNAS MAPAN 2020.


5 Maret 2020 –Hotel Taman Eden – 2& Universitas Islam Indonesia,  Yogyakarta

Pukul 07.30 peserta FORNAS MAPAN  yang telah singgah  di Hotel bergiliran beranjak menuju Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta. Sesampai disana, kami para peserta diarahkan menuju dalam Auditorium Masjid Ulil Albab  untuk mengikuti Seminar Nasional yang diisi oleh tiga pemateri yang sangat menginspirasi kami. Pemateri ini adalah Prof. DR Dr H  Soewadi, MPH selaku  Kepala Studi Napza Universitas Islam Indonesia dengan membawa materi “ Pentingnya Rehabilitasi Penyalahgunaan Napza” kemudian pemateri berikutnya adalah Drigjen Pol Wayan Sugiri SH. SIK. Msi. Selaku Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dimana beliau menyampaikan materi “Indonesia Darurat Narkoba” dan pemateri terakhir dalam seminar nasional ini adalah seorang motivator muda Wirda Mansyur yang dengan penyampainya membakar semangat kami melalui materi  “Motivasi bagi Generasi Millenials”. Selesai sudah acara Seminar Nasioal ini pada pukul 12.00 WIB yang kemudian di lanjutkan dengan Ishoma hingga pukul 13.00 WIB. 


(doc. Train of Trainer)

Berlanjut kerangkaian acara berikutnya peserta FORNAS MAPAN 2020di arahkan untuk menuju  Auditorium FPSB UII untuk mengikuti acara Train of Trainer dengan pemateri satu  Ir. Zaenal abidin MT selaku Ketua Harian DPP Arti Pena yang membawakan Materi P4GN, diantaranya meliputi “Berbasis Tridarma Perguruan Tinggi” dan “Terwujudya Sistem Komunikasi P4GN”. Kemudian pada materi ke dua tak kalah menariknya yang dibawakan oleh Bapak Eko Prasetyo selaku Pemilik Rumah Rehabilitasi Korban Peyalahgunaan Napza dengan materi “Adiksi”. Waktu berlalu hingga sampailah pada acara pembukaan “Kongres FORNAS MAPAN”. Di dalam acara pembukaan tersebut sekaligus dilaksanakan pemilihan presidium sementara yang akan bertugas pada saat sidang Kongres FORNAS MAPAN, waktu terus berjalan hingga menunjukan pukul 21.30 WIB yang bertanda acara hari itu selesai , dan para peserta kongres di arahkan untuk masuk ke bis guna kembali ke hotel untuk beristirahat sembari menikmati alam di Lingkungan Yogyakarta.  

 (doc.Pembukaan SEMNAS)

7 Maret 2020 – Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII,  Yogyakarta

Pukul 08.00 WIB para peserta kongres sudah berada di ruangan Auditorium FPSB UII untuk melanjutkan sidang kemarin hingga sampailah dalam sidang pleno 3 untuk pemilihan Koordinator Pusat FORNASMAPAN periode 2020/2021 dan Tuan Rumah Kongres 2021 hasil sidang pleno 3 terpilih universitas diponegoro sebagai Koordinator Pusat FORNASMAPAN 2020/2021 dan Universitas Dian Nusantoro sebagai Tuan Rumah Kongres FORNASMAPAN 2021.

 (doc.Sidang Pleno)
 (doc.Korpus Terpilih)
 
Waktu menunjukan pukul 19.30 , sidang telah beakhir. Peserta kemudian beranjak ke taman luku untuk megikuti serangkaiana acara  GALA DINNER hingga pukul 22.00 WIB yang  bertempat di Taman Luku., setelah berakhir peserta kembali ke hotel untuk berisirahat demi mempersiapkan acara besok yaitu “FieldTrip” mengunjungi beberapa destinasi di yogyakarta yaitu Keraton Yogyakarta dan Malioboro.
 
8 Maret 2020 –Keraton Yogyakarta & Malioboro,  Yogyakarta

 (doc.Field Trip)

FieldTrip kali ini kami mengunjungi beberapa destinasi di yogyakarta yaitu Keraton Yogyakarta dan Malioboro. Kami dari UKM GEMA UNIMUS memakai kendaraan pribadi yaitu motor, guna untuk mempercepat pulang ke Semarang, di sana kami mengunjungi Keraton Yogyakarta dan di akhiri dengan jalan jalan ke Malioboro. Pada kunjungan diKeraton Yogyakarta setiap rombongan delegasi mendapatkan pemandu wisata untuk mengenal tentang sejarah kesultanan Keraton Yogykarta serta dari pihak panitia mengajak kita melakukan sholat dhuhur di salahsatu masjid paling terkenal di Yogyakarta yaitu Masjid Gedhe Kauman. Kemudian dilanjutkan ke Maliobro untuk belanja beberapaoleh-oleh khas Yogyakarta. Selepas selesai belanja kami dari UKM GEMA UNIMUS  berpamitan dengan Panitia FORNASMAPAN 2020 dan beberapa delegasi dari satgas Universitas lain untuk kembali keSemarang. Perjalanan pulang Ke Semarang menggunakan          kendaraan roda dua bersama dengan delegasi dari MAN UNIVERSITAS TUJUH BELAS AGUSTUS SEMARANG dan Alhamdulillah sampai di Semarang dengan selamat.


HASIL DARI FORNASMAPAN 2020 :

1.      Koordinatorpusatterpilih adalah UniversitasDiponegoro
2.      Tuan Rumah FORNASMAPAN 2021 bertempat di Universitas Dian Nuswantoro Semarang

ProgamKerjaKoordinatorPusat FORNASMAPAN 2020:

1.  Dokumentasi kegiatan SATGAS-SATGAS FORNAS MAPAN  yang dipublikasikan disosial media FORNASMAPAN
2.      Menyeragamkan materi P4GN di seluruh wilayah Indonesia
3.      Pendataan setiap triwulan pendataan anggota yang aktif dan mengirimkan format struktur
4.      Pencatatan sejarah kongres FORNAS MAPAN berserta korpus-korpusnya dalam bentuk buku saku dan softfile

Sekian perjalanan kami dalam episode FORNAS MAPAN 2020 sebagai delegasi UKM GEMA UNIMUS, sampai jumpa pada episode FORNAS MAPAN 2021..Pastikan anda menjadi deleasi selanjutnya ^^

Untukmu,
 FORNAS MAPAN menjadi wadah kita sebagai salah satu UKM yang bergerak di pencegahan penyalahgunaan narkoba untuk saling bertukar pikiran megenai program atau tindakan kita sebagai mahasiswa untuk ikut membantu upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba. Terus semangat dalam berproses, selaluberikan yang terbaik dengan apa yang kita bisa, Semoga yang membacaini bias mewakili UKM GEMA UNIMUS untuk delegasi tahun berikutnya”.

Salam Semangat !
Dari kami,
Mahasiswa Anti Napza
Wassalamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


(Aji & Edho/SMG)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar