Gerakan Mahasiswa Anti Napza Universitas Muhammadiyah Semarang

Sponsor

AD SPONSOR 150PX

Senin, 02 April 2018

Kongres Fornas Mapan 2018 di Surabaya


Bismillahirahmanirahim,
Assalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pada tanggal 30 Maret hingga 1 April 2018 di Graha Samudra Ganesha, Jalan Arif Rahman Hakim No.150 Universitas Hang Tuah Surabaya telah dilaksanakannya Kongres FORNAS MAPAN 2018 (Forum Nasional Mahasiswa Anti Penyalahgunaan Narkoba). Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh FORNAS MAPAN sebagai wadah bagi mahasiswa peduli tentang penyalahgunaan Narkoba yang ada di lingkungan institusi dan lingkungan masyarakat. FORNAS MAPAN 2018 telah merangkul kurang lebih 72 institusi perguruan dari seluruh jumlah institusi perguruan tinggi negri dan swasta yang ada di Indonesia.
            Agenda FORNAS MAPAN pada tahun 2018 antara lain adalah Seminar Nasional, Kongres FORNAS MAPAN 2018 dan Field Trip. Pemateri pada Seminar Nasional terdiri dari BNN RI, Komite Nasional Pemuda Indonesia, dan Publik Figur.

Kongres FORNAS MAPAN pembagian wilayah naungan UKM/SATGAS, pemilihan koordinator wilayah, dan pemilihan serta penetapan koordinator pusat. Pada agenda pemilihan koordinator pusat beberapa koordinator wilayah menunjuk kandidatnya untuk menjadi kandidat koordinator pusat. Kandidat dari koordinator pusat FORNAS MAPAN periode 2018- 2019 antara lain SATGAS GAN UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta; UKM Manuver Univ. Bosowa, Makassar; dan UKM Peduli Napza Univ.Diponegoro, Semarang. Setiap kandidat diminta untuk menyampaikan program kerja tingkat regional dan nasional serta menyampaikan kesanggupannya jika terpilih menjadi koordinator pusat. Tidak hanya penyampaian dari kandidat saya, namun dari UKM/SATGAS pun memberikan pertanyaan kepada para kandidat terkait permasalahan yang belum terpecahkan oleh periode sebelumnya. Hingga akhirnya pemilihan para kandidat dilakukan dengan votting tertutup dan terpilihlah SATGAS GAN UIN Syarif Hidayatullah sebagai koordinator pusat FORNAS MAPAN periode 2018- 2019.

Pada agenda selanjutnya adalah pemilihan koordinator wilayah, daerah Jawa Tengah masuk dalam wilayah 3 (tiga). Pada pemilihan koordinator wilayah 3 (tiga) ada 5 (lima) delegasi institusi yakni UKM GEMA UNIMUS, UKM Rumah Sahabat UDINUS, UKM An- Niswa UIN Walisongo, UKM Gerhana Unnes, dan UKM Peduli Napza UNDIP, maka terpilihlah koordinator wilayah Jateng yakni UKM Peduli Napza UNDIP.
Pada agenda terakhir yakni Fild Trip, agenda ini merupakan agenda yang dinanti- nanti para delegasi sebagai ajang menghilangkan penat akibat permasalahan saat kongres. Fild Trip sendiri bertujuan untuk memperkenalkan tempat- tempat wisata yang ada di kota Surabaya, diantaranya adalah Tugu Pahlawan, Pasar Genteng, Kebun Binatang Surabaya hingga akhirnya rangkaian acara FORNAS MAPAN ditutup dengan sambutan dan pesan- pesan dari koordinator pusat.

             Wassalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

(af/SMG)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar