Gerakan Mahasiswa Anti Napza Universitas Muhammadiyah Semarang

Sponsor

AD SPONSOR 150PX

Minggu, 06 Mei 2018

Pendidikan dan Pelatihan "Muda yang Sehat, Muda yang Berkarya"


Bismillahirahmanirrahim,
Assalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh




Alhamdulillahirabilalamin,

G
 ema-Unimus.blogspot.com – Telah dilaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) oleh UKM GEMA UNIMUS dengan tema “Muda yang Sehat , Muda yang Berkarya”. Kegiatan DIKLAT merupakan salah satu dari beberapa proker UKM GEMA UNIMUS dengan tujuan sebagai sarana pembelajaran lebih mengenai NAPZA
(Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya) dan membantu menyukseskan program P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba) di setiap program studi Universitas Muhammadiyah Semarang khususnya anggota UKM GEMA dan SATGAS GANJA I ( Satuan Tugas Gabungan Jurusan Anti-Napza I).


           Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 28 April 2018 pukul 07.00 – 17.00 WIB dan bertempat di Gedung NRC ruang 409 Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota badan pengurus UKM GEMA dan SATGAS GANJA I. Kegiatan DIKLAT tersusun dari beberapa serangkaian acara yang diawali pembukaan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, Menyanyikan lagu wajib mars Muhammadiyah, sambutan dari pembina, ketua umum, dan ketua panitia,pembacaan do’a dilajutkan acara inti melalui pemberian materi, Ishoma, dan diakhiri dengan penutupan.

Materi pertama diawali oleh pembina UKM GEMA UNIMUS , Ibu Dyah Larasaty, S.KM, M.Kes dengan materi “Kiat-Kiat Promosi Kesehatan di Lingkungan Mahasiswa dan Pelajar”. Sedangkan Untuk materi kedua hingga keempat diisi oleh BNNP Jawa Tengah dengan pemateri bapak Dela Sulistiyawan Yunior, S.I.Kom "Strategi P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba" , Ibu Sutriyaningsih, S.Psi "Pelatihan Penanganan Pertama pada Penyalahguna Napza(Rehabilitasi)" , dan pemateri terakhir dari BNNP ditutup dengan materi "Penggolongan Napza serta Efek Samping terhadap Diri Sendiri dan Sosial" oleh Ibu Jati Catur Prihatini, S.Psi.

Pada materi pertama kami belajar mengenai kiat-kiat dalam promosi kesehatan di lingkungan mahasiswa  khususnya pada bidang kenapzaan dimana UKM GEMA harus melakukan upaya promotif dan preventif (mencegah) dengan tujuan agar mahasiswa unimus tidak terjerumus kedalam narkoba,dalam upaya promotif bisa dilakukan penyuluhan secara efektif dengan menggunakan media berbasis audio visual dengan memperhatikan faktor pendukung lainnya. Materi kedua membahas mengenai program pemerintahan mengenai P4GN ( Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba yang dilaksanakan dengan tujuan untuk menjadikan 97,2 % penduduk Indonesia anti terhadap penyalahgunaan narkoba dan peredaran gelap narkoba dan 2,8 % penduduk Indonesia (penyalahguna Narkoba) secara bertahap mendapatkan layanan rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.

Materi ketiga dilanjutkan dengan membahas mengenai rehabilitasi penyalahguna narkotika, dimana rehabilitasi merupakan upaya pemulihan/perbaikan dari keadaan terdahulu (seperti akibat negatif dari penyalahgunaan narkoba) supaya menjadi manusia yang bisa hidup normatif, produktif, bermanfaat dan diterima/mendapat tempat dimasyarakat sedangkan rehabilitasi berkelanjutan merupakan serangkaian upaya pemulihan ketergantungan narkotika yang diberikan kepada pecandu,penyalahguna dan atau korban penyalahgunaan narkotika yang mencakup rehabilitasi medis,rehabilitasi sosial, dan layanan pasca rehabilitasi yang dilakuakan secara kontinue dalam satu kesatuan layanan rehabilitasi,selanjutnya dijelaskan pula mengenai proses dan tahapan rehabilitasi,pasca rehabilitasi tentang tujan dan jenis layanan yang ada. Pada materi akhir ini kami belajar mengenai penggolongan Napza ( Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya disertai efek samping yang dapat ditimbulkan akibat NAPZA baik secara individu maupun sosial.

Dengan pemberian materi terakhir maka selesailah kegiatan DIKLAT ini, dengan harapan setelah dilaksanakan kegiatan DIKLAT mampu menambah wawasan atau pengetahuan mengenai NAPZA dan mampu meningkatkan kinerja organisasi dalam menjalankan program kerja pada bidang ke NAPZAan pada UKM GEMA dan SATGAS GANJA I di Universitas Muhammadiyah Semarang.



(aaa/SMG)

1 komentar: